Cara Menguatkan Sinyal Wifi iPhone Wifi Booster

Apakah kini anda tengah mengalami masalah sinyal Wifi yang lemah pada iPhone, iPod Touch juga iPad anda? Dan juga iPhone anda sering terputus sambungan dari jaringan Wifi dan restart setelah beberapa kali? Dan kecepatan Wifi anda lelet dan sulit kembali ke kecepatan normal?

Jika anda mengalami semua masalah tadi, maka artikel ini akan mencoba membantu anda dengan memaparkan sejumlah teknik untuk menguatkan sinyal Wifi pada iPhone.

Cara Menguatkan Sinyal Wifi iPhone Lemah

Tips memperkuat sinyal Wifi iPhone, iPod Touch dan iPad

Tip #1: Restart iPhone anda

Langkah awal pertama yang patut dicoba untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wifi di iPhone ialah restart iPhone anda—tindakan ini akan membersihkan iOS. Untuk restart iPhone, iPod Touch dan iPad maka anda bisa ikuti langkahnya berikut ini—Tekan dan tahan tombol Utama (Home) dan Lock.

Setelah restart iPhone, kini silahkan cek sinyal Wifi anda, jikalau tidak ada perubahan—tetap lemah—maka silahkan meluncur ke langkah berikutnya.

Tips. Terkadang anda perlu juga reset router. Coba untuk mematikannya selama beberapa menit dan kemudian nyalakan kembali.

Tip #2: Cek apakah firmware iOS anda telah di update

Hal kedua untuk memastikan apakah versi firmware anda selalu update. Untuk melakukannya, maka anda harus melakukan hal-hal mudah berikut ini:

  • Jikalau anda tidak memiliki fungsi Airport terinstall di perangkat iOS anda—maka silahkan download, install dan bukalah.
  • Setelah itu, tap pada ikon iPhone anda untuk mengecek versi firmware apa yang anda gunakan.
  • Kini tap pada Version di layar. Kini cek update—jika ada update, tapa pada Download and Install.
  • Anda bisa mengulangi langkah ini untuk iPhone, iPod Touch dan iPad milik anda yang lain.
Aktifkan Fungsi AirPort Firmware

Tip #3: Ganti casing iPhone anda

Tahukah anda bahwa casing iPhone anda terbuat dari material tertentu—contohnya material logam—material ini dapat memblockir penerimaan Wifi (Penting untuk di sebutkan bahwa sebaiknya anda menggunakan material silikon, dan pelastik yang tidak mengganggu penerimaan Wifi).

Jadi hal dasar yang perlu anda coba ialah mengganti casing material logam anda selanjutnya cek apakah kekuataan sinyal Wifi iPhone anda sudah meningkat.

Tip #4: Cek Router anda dan jika perlu beli Router baru

Jika anda tengah berfikir, bahwa Router anda bisa jadi masalah utama lemahnya sinyal Wifi, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

Namun begitu jarang sekali Router sebagai penyebab lemahnya sinyal Wifi. Cara terbaik untuk mengecek apakah Router anda sebagai penyebab masalah sinyal ialah dengan meminjam sebuah Router kepada teman dan cek stabilitas sinyal iOS anda selama beberapa hari. Jikalau ternyata di Router yang anda pinjam, ternyata sinyal Wifi stabil, maka berarti Router penyebab, anda harus beli Router yang baru.

Tip #5: Coba ganti channel Wifi dikarenakan gangguan Wifi lainnya

Salah satu dari masalah terbesar lemahnya Wifi ternyata adalah lingkungan yang memiliki banyak jaringan Wifi yang menyebabkan menumpuknya jaringan.

Namun sulit untuk mengukur besarnya pengaruh sinyal Wifi dari lingkungan, namun yang pasti teknologi dasar Wifi iPhone berkerja dengan cara: ia nge-ping pada sinyal terkuat dan menangkapnya.

Jadi prosesnya ialah Wifi anda melalui semua sinyal kuat serupa di dalam channel dimana anda terhubung. Itu artinya Wifi iPhone anda secara konstan “tertatih-tatih” antara sinyal yang lain berusaha mengetahui apakah itu jaringan yang anda coba untuk terhubung dengannya.

Sinyal terkuat adalah 2.4 GHz yang kebanyaka Router gunakan di banyak channel. Jikalau anda mau ada banyak software yang dapat mendeteksi sinyal Wi-Fi yang ada di lingkungan anda dan memberitahu saluran mana mereka. Anda dapat melakukan konfigurasi Wifi anda untuk melalui channel lain.

Tip #6: Atur DNS secara manual

Mengatur DNS secara manual pada pengaturan WiFi di iPhone akan menghadirkan perbedaan besar. Terkadang, bukan hanya penerimaan Wi-Fi saja. Namun secara teknis, dengan merubah setting DNS, kita tidak hanya meningkatkan penerimaan WiFi. Kita juga melalui DNS lain guna memanen data dari internet.

Atur Publik DNS iPhone, iPod Touch, iPad

Untuk merubah DNS pada iPhone, iPod Touch dan iPad adalah sebagai berikut caranya:

Temukan alamat IP DNS yang anda gunakan. Ini adalah contoh publik DNS seperti  Google atau Open DNS yang bisa anda gunakan sekarang:

  • Google – 8.8.8.8; 8.8.4.4
  • OpenDNS – 208.67.222.222; 208.67.220.220

Cara memasukan publik DNS diatas di iPhone, iPod Touch dan iPad anda ialah:

  1. Buka Settings → Wi-fi.
  2. Tap pada ikon ‘i’ dibagian kanan dari nama jaringan Wi-Fi yang terhubung.
  3. Scroll kebawah untuk tap pada DNS.A
  4. Masukan alamat publik DNS yang anda inginkan—Jika anda inginkan DNS Google maka masukan, jika Open DNS maka masukan ditempat tersedia.
  5. Kini restart Wi-Fi iPhone milik anda.

Terkadang DNS di atur secara otomatis untuk optimalkan kinerjanya. Namun tidak jarang pula, DNS otomatis tidak berkerja dengan baik. Dalam kasus ini, maka menggunakan publik DNS seperti Google dan OpenDNS dapat berfungsi baik.

Tip #7: Atur DNS secara manual

Sinyal Wifi iPhone anda masih lemah juga setelah mengikuti semua cara diatas? Dan tidak kuat? Maka anda bisa mencoba sebuah tweak, bernama Wifi Booster yang merupakan cara menguatkan sinyal Wifi iPhone anda.

Wifi Booster telah di update ke versi 1.3.2 agar support dengan iOS 6.1.x. Wifi Booster merupakan sebuah tweak yang dapat meningkatkan sinyal Wifi yang lemah kemudian memperkayanya dengan berbagai fitur.

Dengan tweak ini, anda akan dapatkan icon untuk jelaskan sinyal Wifi anda, kekuatan sinyal, dan memperkuatnya. Tidak hanya itu ia juga akan jelaskan hotspot terekat. Agar dapat memilih hotspot mana yang paling kuat sinyalnya.

WiFi Booster iPhone App Cydia Tweak

Perbaikan

  • Tidak akan ada icon-icon baru pada springboard.
  • Mendukung iOS 6.1.x.
  • Perbaikan pemeriksaan keamanan tambahan.
  • Perbaikan terhadap bahasa yang di dukung meskipun Wifi atau WLAN muncul dalam bahasa lain.
  • Juga bisa beroperasi di iOS 4 dan iOS 5.

Wifi Booster tersedia di Cydia, dan bisa anda temui di repository BigBoss dengan harga $ 1.99.

Tweak ini bisa di install hanya di iPhone yang telah di jailbreak, oleh karenanya baca catatan dibawah ini.

Catatan.

Tinggalkan komentar