Cara Edit File Hosts Di Mac

File Hosts di Mac merupakan sebuah dokumen teks berukuran kecil namun manfaatnya amatlah penting karena file ini memiliki kemampuan untuk mengarahkan hostname ke domain tertentu. Meskipun internet dijaman sekarang menggunakan server DNS publik dan pribadi yang beragam untuk mengarahkan ke alamat IP, namun keberadaan file hosts amatlah penting untuk overwrite server DNS itu.

Dengannya anda dapat secara manual mengarahkan sebuah alamat website ke alamat IP yang di inginkan, atau memblokir akses sebuah situs bersamaan dengan itu mengarahkan ke alamat IP internal atau IP tidak digunakan. Inilah cara edit file Hosts di Mac pada OS X.

Cara Edit File Hosts Mac Paling Mudah

Ada dua cara utama untuk eidt files Hosts di Mac OS X. Pertama-tama dengan menggunakan TextEdit, dikarenakan file hosts hanyalah sebuah dokumen teks saja. Namun begitu ia tidak begitu saja dapat di buka, dikarenakan ia ditempatkan di area terlindungi dalam sistem file.

Untuk membukanya anda harus menyalin sebuah file kemudian paste-kan ke lokasi yang tidak diproteksi, seperti Desktop, lakukan edit, kemudian kembalikan ketempat semula.

Cara edit file Hosts di Mac


Silahkan pilih cara yang paling mudah bagi anda.

Edit file Host Mac dengan Text Edit


Langkah 1 -- Untuk menemukan file hosts, buka Finder dan di menu bar Finder, pilih Go -> Go to Folder.

Langkah 2 -- Di dalam box, ketika lokasi berikut.
/private/etc/hosts
Buka File Hosts Mac

Langkah 3 -- Dan tekan Return.

Langkah 4 -- Sebuah jendela / window Finder baru akan terbukan dan file hosts Mac anda akan terpilih. Klik dan drag pada file itu keluar dari window / jendela Finder dan taruh di Desktop. Hal ini akan membuatmu dapat melakukan edit pada file itu.

Ini File Hosts Mac

Untuk membukanya, klik dua-kali dan akan menampilkan isi file di TextEdit (Atau teks editor yang anda inginkan). Secara default, file Hosts merupakan file sederhana. Ia berisi sejumlah baris perintah dengan teks yang muncul dengan tanda #.

Bagi setiap barisnya, setiap teks dengan tanda # akan diacuhkan komputer anda, membuatnya menjadi mudah untuk menambahkan catatan dan deskripsi pada file-file anda. File Hosts juga berisi nilai IP untuk localhost dan broadcasthost. Untuk mengedit file, anda harus menambahkan baris kalimat setelah broadcasthost.

Andaikata anda seorang admin di kantor dan komputer yang anda gunakan merupakan adalah work system, dan anda diperintahkan bos besar untuk mencegah karyawan di kantor agar tidak dapat mengakses Facebook. Untuk itu anda bisa mengetik alamat IP sesuai keinginan untuk mendaftarkan di ikuti dengan hostname.

Anda hanya perlu melakukan blokir pada Facebook, dengan melakukan mapping www.facebook.com ke IP 0.0.0.0 yang adalah alamat IP tidak valid. Dengan begitu setiap karwayan yang membuka Facebook menggunakan Mac maka browsernya akan gagal membuka Facebook. Ini adalah contoh gambarnya kawan.

Cara Edit File Hosts Mac Arahkan Domain Ke IP Tidak Valid

Atau anda juga bisa mengarahkan ke website lain, misalkan anda ingin agar siapapun yang hendak membuka Facebook menuju website tertentu misalkan menuju website The New York Times, maka IP yang harus dimasukan ialah ini 170.149.172.130. Maka jadinya seperti gambar berikut.

Edit File Hosts Mac Mapping Ke Domain Yang Di Inginkan

Anda dapat memasukan perintah sebanyak anda suka untuk mengarahkan website-website lainnya ke website pilihan anda. Dan pastikan setelah melakukan perubahan pada file hosts di Mac, maka kembalikan file tersebut ke tempat semula agar perubahan efektif.

Setelah perubahan anda rasa cukup, maka seharusnya perubahan mapping domain itu sudah langsung efektif. Namun apabila belum efektif, mungkin anda perlu flush cache DNS anda. Untuk OS X Lion dan OS X Mountain Lion, maka buka Terminal dan gunakan perintah berikut ini dan klik Return / Enter.
sudo killall -HUP mDNSResponder
Sedangkan untuk OS X Mavericks, maka gunakan perintah berikut ini.
dscacheutil -flushcache; sudo killall -HUP mDNSResponder

Cara edit file hosts di Terminal dengan Nano


Cara kedua ini bisa anda terapkan juga dan cara ini secara langsung tanpa perlu melakukan copy / menyalin seperti diatas, yaitu langsung dari Terminal menggunakan UNIX Nano Text Editor yang di bangun untuk OS X.

Langkah 1 -- Untuk memulainya, silahkan buka Terminal, dengan mengetik perintah berikut.
sudo nano /private/etc/hosts
Langkah 2 -- Dan tekan tombol Return.

Seperti halnya mengeksekusi perintah Sudo, maka anda harus memasukan password admin untuk mengeksekusinya.

Anda akan melihat file hosts terbuka di Nano Editor. Untuk itu silahkan edit file, gunakan tombol panah pada keyboard.

Cara Edit File Hosts Mac Dengan Nano Text Editor

Seperti halnya mengedit file Hosts dengan TextEdit di bagian sebelumnya, kita bisa menambahkan, mengedit, atau bahkan menghapus hostname mapping sekaligus.

Jika di Nano menggunakan Sudo, maka setiap perubahan akan langsung ter-autentifikasi dan di simpan langsung ke file hosts asli, tanpa perlu menyalin di luar direktori.

Setelah selesai melakukan perubahan, maka tekan Control-X untuk keluar dari Editor, Y untuk menyimpan, dan Return untuk overwrite file hosts yang ada. Dan pastikan anda juga melakukan flush cache DNS setiap melakukan mapping jikalau belum efektif perubahannya.

Itulah dua cara edit file Hosts pada Mac menggunakan TextEdit dan Nano yang bisa anda ikuti dan jika ada pertanyaan maka silahkan utarakan di area komentar posting ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel